Kebersihan Lemari Plastik Untuk Membuatnya Lebih Awet

Kebersihan Lemari Plastik Untuk Membuatnya Lebih Awet

GreenClean.id – Salah satu furniture dalam rumah yang umumnya difungsikan sebagai tempat menyimpan baju yaitu lemari. Dipasaran idealnya lemari terbuat dari dua bahan yaitu lemari kayu dan lemari plastik. Lemari plastik ini ternyata punya lebih banyak keunggulan dibandingkan lemari kayu. Cara merawatnya juga cukup mudah. Meski mudah dan punya kelebihan, jangan anggap remeh! Anda tetap harus merawatnya agar bisa bertahan lama. Berikut enam cara praktis membersihkan dan merawat lemari pakaian yang bisa Anda coba.

Kebersihan Lemari Plastik Untuk Membuatnya Lebih Awet

Menggunakan Sapu atau Sikat Kecil Untuk Membersihkan Lemari

Langkah pertama membersihkan lemari plastik adalah memastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel. Gunakan sapu kecil atau sikat untuk membersihkan seluruh area lemari pakaian. Sebaiknya keluarkan dulu semua pakaian dari dalam lemari supaya debu dan kotoran tidak menempel pada pakaian. Pertama anda bisa bersihkan seluruh lemari dengan sapu atau sikat kecil. Bersihkan bagian dalam lemari terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan membersihkan bagian luar lemari.

Gunakan Kain Perca

Meski terbilang awet dan tidak mudah rusak, warna lemari pakaian cepat pudar. Sehingga diperlukan perhatian khusus dalam merawatnya. Jangan hanya menggunakan kain pembersih. Untuk menjaga warna lemari pakaian, gunakan kain lap untuk membersihkannya dari debu. Caranya sendiri tergolong cukup mudah, kamu hanya perlu membasahi kain dan peras sampai lembab. Setelah itu pakailahkain untuk lap bagian lemari plastik. Bersihkan semua bagian dalam dan luar lemari pakaian ya!

Keringkan Secara Merata

Setelah dibersihkan dengan lap, langkah selanjutnya adalah mengeringkannya. Pastikan semua bagian sudah kering sebelum digunakan kembali. Bahan plastik memang sangat berbeda dengan kayu, karena tidak mempunyai pori-pori udara. Sehingga plastik ini tidak dapat menyerap air dengan baik. Jadi pastikan Anda mengeringkannya dengan benar. Lemari yang tidak mengering dapat membuat pakaian menjadi lembap dan berbau apek.

Tips Membuat Lemari Tetap Awet

Nah jika Anda sudah membersihkan lemari plastik, langkah selanjutnya yaitu merawatnya. Ini dilakukan juga supaya lemari tetap dalam keadaan baik dan lebih awet. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut ini.

  • Berat Pakaian

Plastik tidak sekuat kayu. Jadi usahakan untuk tidak menyimpan pakaian dan barang terlalu berat di dalamnya. Kalau ngotot, lemari akan cepat roboh dan pecah. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menyimpan barang berat di bagian paling bawah lemari.

  • Hindari Memindahkan Lemari Ketika Berisi Barang

Jangan pindahkan lemari plastik jika ada barang di dalamnya. Pasalnya, memindahkan lemari saat masih ada barang bisa membuat lemari pakaian cepat rusak. Untuk memindahkannya, pertama-tama lepas semua pakaian dan barang. Lemari juga mudah diangkat dan dipindahkan saat kosong. Cara mengangkatnya dari dasar lemari. Jangan angkat lemari dari atas atau tengah. Ini akan memungkinkan sisa lemari pakaian lepas dengan mudah.

  • Gunakan Pewangi di Lemari Plastik

Agar penghuni lemari semua tetap wangi, gunakan pengharum di lemari. Wewangian ini berguna untuk menjaga pakaian Anda tetap terjaga dan tidak berbau apek. Selain menggunakan pengharum lemari yang tersedia di pasaran, Anda juga bisa mencoba menggunakan pewangi alami. Beberapa bahan alami bisa kamu gunakan untuk mengharumkan lemari seperti serai, daun pandan, biji kopi dan lain-lain. Saat ini banyak yang menjual wewangian kering alami dalam bentuk kemasan.

  • Manfaatkan Kapur Barus

Serangga atau hewan kecil biasanya suka bersarang di area lemari. Untuk mengantisipasi hal tersebut gunakan kapur barus. Taruh kapur barus di lemari. Aroma kapur barus yang kuat dapat mencegah datangnya serangga dan hewan. Serangga ini juga menjadi salah satu penyebab lemari menjadi kotor dan mengeluarkan aroma tidak sedap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *