Membersihkan Dapur dan Melenyapkan Bau Tak Sedap

Membersihkan Dapur dan Melenyapkan Bau Tak Sedap

Jasa Bersih Kantor – Dapur memang menjadi ruangan penting di rumah Anda. Selain sebagai tempat memasak, dapur juga bisa menjadi ruang yang berguna untuk mengeksplorasi jenis-jenis masakan baru, dan menyimpan berbagai bahan makanan sehat. Masalahnya, dapur juga sering menjadi tempat yang sangat kotor (setelah toilet). Oleh karena itu, kebersihan dapur harus mendapat perhatian khusus dari Anda, mengingat fungsinya yang sangat krusial untuk kesehatan. Jangan khawatir, jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan tips efektif untuk Anda membersihkan dapur!

Membersihkan Dapur dan Melenyapkan Bau Tak Sedap

Mulailah Dengan Membersihkan Wastafel

Tempatkan semua piring kotor di wastafel mesin cuci piring. Rendam peralatan dapur Anda dalam air sabun panas, lalu kumpulkan lebih banyak barang yang perlu direndam, seperti meja putar microwave, sendok garpu, atau panci dan mangkuk besar. Bersihkan wastafel dan semua peralatan dapur yang ada di dalamnya. Pastikan semuanya sudah dibersihkan dengan sempurna. Selain itu anda juga bisa memilah barang-barang mana yang harus disimpan di dapur atau tidak. Pertama, keluarkan barang-barang yang seharusnya TIDAK ada di dapur, lalu taruh semua barang yang tidak terpakai ke dalam keranjang untuk dibuang. Atur juga posisi barang-barang yang harus disimpan di dapur.

Menghilangkan Debu di Zona yang Sulit Dijangkau

Bersihkan kotoran dan kotoran di lantai, tempat Anda akan menyapu nanti. Dengan menggunakan lap, Anda bisa mulai membersihkan kotoran tepat di atas wastafel dan di sekitar ruangan. bersihkan sudut atas, perlengkapan lampu, dan atasan lemari. Jangan lupakan bagian atas lemari es. Setelah selesai dibersihkan, lanjutkan ke tahap berikutnya. Bersihkan pintu lemari es, bagian depan mesin pencuci piring, dan oven dengan kain yang dicelupkan ke dalam air bersih (atau cuka putih yang diencerkan jika ada pintu stainless steel).

Jangan lupakan gagang dan sudutnya. Untuk bagian yang bisa rusak seperti lipatan segel lemari es. Gunakan sikat gigi yang lembut agar noda terangkat tanpa merusak permukaan. Selanjutnya, bersihkan sisi mesin pencuci piring dengan kain yang dicelupkan ke dalam larutan panas air soda dan cuka putih. (Anda dapat menggunakan campuran ini untuk membersihkan kompor dan meja dapur, kecuali marmer, granit, atau batu berpori lainnya.)

Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dapur

Sebagai tempat memasak, dapur seringkali mengeluarkan aroma tidak sedap dari sisa bahan makanan. Aneka bumbu masak atau bahan makanan hewani yang umumnya memiliki aroma khas dan menyengat, kerap membuat dapur Anda tercium. Tak hanya itu, aroma dapur juga bisa tercium ke ruangan lain di dalam rumah. Untuk menghilangkan bau tak sedap dari dapur, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan.

Rutin Buang Sampah

Sampah sisa bahan makanan pasti menghasilkan bau yang tidak sedap dan tidak bisa langsung dibuang. Untuk membuangnya, Anda bisa memisahkan sampah kering dan sampah basah. Sampah kering umumnya tidak berbau tajam, sehingga Anda dapat membuangnya saat sampah sudah penuh. Sebaliknya, sisa makanan basah dari makanan yang berbau menyengat harus segera dibuang. Jangan lupa untuk menyemprotkan insektisida di sekitar tempat pembuangan limbah makanan agar tidak mengundang hewan pengerat.

Singkirkan Bau Wastafel Dengan Soda Kue

Wastafel merupakan bagian dapur yang sering diabaikan kebersihannya. Selain bagian luar bak cuci, saluran pembuangan juga harus diperhatikan. Untuk membersihkan bagian luar wastafel dengan sabun cuci piring secukupnya. Namun, bau sering muncul saat saluran air tersumbat. Untuk itu, tuangkan satu sendok makan soda kue ke saluran pembuangan wastafel. Diamkan beberapa jam hingga soda kue menghancurkan sisa makanan, lalu bilas dengan air panas.

Memanfaatkan Aroma Kayu Manis

Untuk menghilangkan aroma bumbu atau ikan, gunakan kayu manis. Caranya, ambil beberapa potong kayu manis lalu panggang dalam wajan tanpa minyak. Biarkan aroma tajam dan harum memenuhi ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *