Cara Menjaga Lantai Kayu Tetap Dalam Kondisi Baik

Cara Menjaga Lantai Kayu Tetap Dalam Kondisi Baik

Jasa Poles Marmer Jakarta – Penggunaan lantai kayu memang menjadi trend favorit, pada desain rumah modern saat ini! Warna yang natural membuatnya cocok dipadukan dengan berbagai desain rumah. Mulai dari desain rumah minimalis, klasik, hingga kontemporer. Tidak hanya memberikan kesan natural dan estetika, lantai kayu juga menghadirkan nuansa hangat dan bersahabat pada rumah. Namun berbeda dengan lantai keramik, kita harus berbuat lebih banyak untuk merawat lantai kayu agar tidak cepat rusak dan cepat busuk. Nah, biar lantai kayu di rumah kamu awet dan nampak cantik, yuk ikuti 10 tips merawat lantai kayu berikut ini!

Cara Menjaga Lantai Kayu Tetap Dalam Kondisi Baik

Jaga Kebersihan Secara Rutin

Seperti lantai keramik, lantai kayu juga harus rutin disapu. Meski sudah ada aturan dilarang sepatu di rumah, debu tetap bisa datang dari mana saja. Sapu lantai kayu setiap hari, terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan berbulu. Jangan biarkan debu mengendap dan menggumpal di antara lantai.

Pemvacuman Seminnggu Sekali

Selain penyapuan rutin, Anda juga harus membersihkan lantai kayu dengan penyedot debu minimal seminggu sekali. Tips merawat lantai kayu juga untuk mencegah kotoran yang tidak bisa dijangkau dengan sapu. Gunakan penyedot debu dengan hati-hati, jangan sampai roda menggores lantai.

Langsung Bersihkan Jika Terkena Noda

Tips merawat lantai kayu harus selalu diingat agar lantai Anda selalu terlihat rapi dan bersih. Jika lantai kayu terkena air atau sisa makanan dan minuman, segera bersihkan. Gunakan tisu atau kain kering untuk membersihkannya. Jika dibiarkan terlalu lama, dapat meninggalkan noda. Tak hanya itu, lantai kayu yang terkena air dan terlalu lembap juga bisa merusaknya.

Pakailah Produk Anti Rayap

Selain menghindari kelembaban berlebih pada kayu untuk mencegah rayap. Apalagi jika lantai rumah Anda terbuat dari kayu parket. Agar lantai kayu terhindar dari pelapukan akibat kelembapan, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan bahan kimia anti rayap. Trik ini bisa kamu lakukan dengan menyuntikkannya ke beberapa bagian kayu. Dengan begitu, daya tahan lantai kayu bisa lebih lama.

Menggunakan Alas Karpet

Tips merawat lantai kayu selanjutnya adalah dengan menutupinya dengan karpet atau permadani. Pilih karpet dengan alas yang tidak mudah tergelincir atau tutupi dengan area anti selip pada bantalan karpet. Penggunaan karpet ini untuk mencegah lantai kayu mudah tergores. Tidak hanya itu, dengan menggunakan karpet semua debu tidak mudah mengendap di sela-sela kayu. Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan karpet. Anda juga harus rajin mengeringkan karpet agar tidak menimbulkan kelembaban pada lantai kayu.

Bersihkan Kotoran Lengket Dengan Es

Jika ada sesuatu yang menempel di dalamnya, seperti sisa makanan yang lengket, lilin, atau permen karet, jangan dibersihkan dengan cara dikerok. Gunakan es untuk membuatnya mengeras lalu kikis perlahan. Dengan cara ini, lantai kayu Anda akan terhindar dari goresan. Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan lantai kayu menjadi hitam nantinya.

Pemolesan Lantai

Salah satu cara efektif untuk menjaga lantai kayu tetap terawat dan tahan lama adalah dengan rutin memolesnya. Meski prosesnya cukup rumit, luangkan waktu untuk memoles lantai kayu setiap beberapa bulan. Cara ini dilakukan untuk mengisi goresan pada permukaan lantai kayu agar terlihat mulus kembali. Lantai kayu di rumah Anda akan terlihat berkilau seperti sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *