Buat Kamar Selalu Bersih dan Terhindar Dari Sarang Debu

Buat Kamar Selalu Bersih dan Terhindar Dari Sarang Debu

Jasa Bersih Kantor – Kamar merupakan tempat paling nyaman di sebuah rumah. Tidak hanya untuk istirahat, kamar juga menjadi tempat kita melakukan hal-hal yang kita sukai, seperti membaca buku, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Kini berbagai referensi dekorasi ruangan semakin dicari demi kenyamanan yang ideal. Namun, jangan hanya memikirkan dekorasi saja, kebersihan ruangan juga penting.

Buat Kamar Selalu Bersih dan Terhindar Dari Sarang Debu

Meski setiap hari kamar sudah disapu atau dikepel, kok tanpa disadari ada flek-flek yang terlewat bahkan menjadi sarang debu. Coba intip bagian atas lemari pakaian, di antara jendela, dan di bawah tempat tidur, yakin benar-benar bersih? Debu merupakan zat kimia padat yang terbentuk dari berbagai benda, seperti sel kulit mati, partikel udara kecil, minyak, dan lain sebagainya. Tanpa Anda sadari, ruangan yang penuh dengan debu tidak baik untuk pernapasan Anda. Apalagi jika setiap hari Anda menyalakan kipas angin atau AC tanpa henti. Debu di dalam ruangan bisa terus berputar sehingga kualitas udara tidak segar.

Bersihkan Memakai Lap Basah

Biasanya saat membersihkan lantai kita mulai dengan menyapu lalu mengepel. Lakukan hal yang sama untuk membersihkan sela-sela dan furnitur di dalam ruangan. Gunakan kemoceng untuk menghilangkan debu dari furnitur, jendela, dll. Bersihkan secara perlahan agar debu tidak beterbangan kemana-mana. Setelah itu bersihkan kembali menggunakan kain lembab untuk menghilangkan sisa debu. Anda bisa membersihkannya 2-3 kali hingga benar-benar bersih. Sebaiknya lakukan langkah ini sebelum membersihkan lantai agar Anda bisa menyapu dan mengepel sisa debu yang berjatuhan setelahnya.

Hindari Menyimpan Barang Dibawah Kolong

Sedikit ruang kosong di bawah furnitur memang terlihat “menggoda” untuk menyimpan barang. Namun, kebiasaan ini bisa membuat ruangan Anda menjadi sarang debu. Hindari menyimpan barang-barang Anda di bawah tempat tidur atau lemari. Benda-benda di bawah ini tentunya mudah terkena kotoran sehingga mudah berdebu. Selain itu, barang-barang yang diletakkan di bawahnya juga membuat Anda kesulitan untuk membersihkan lantai secara menyeluruh. Usahakan menyimpan barang-barang Anda di tempat yang lebih terjangkau dan mudah dibersihkan.

Perhatikan Kebersihan Tempat Tidur

Tips mencegah debu bersarang yang satu ini juga penting. Tanpa disadari, ranjang bisa menjadi sarang debu dan kuman. Biasakan merapikan tempat tidur setiap kali Anda bangun. Bersihkan juga permukaan kasur menggunakan sapu atau penyedot debu minimal 2 kali sehari. Ganti sprei dan sarung bantal setiap minggu agar tidak menjadi sarang debu dan kuman. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan bantal dan kasur. Selama ini mungkin Anda hanya memperhatikan sprei dan covernya saja. Namun, kasur dan bantal justru lebih rentan menjadi sarang bakteri, debu, dan tungau karena jarang dibersihkan. Keringkan bantal secara rutin sambil mengocoknya dengan sapu. Jika perlu, hindari penggunaan kasur atau bantal katun.

Hindari Menaruh Banyak Pajangan

Mendekorasi ruangan dengan berbagai dekorasi memang menyenangkan. Namun, terlalu banyak pajangan bisa jadi sarang debu, apalagi jika sering lupa atau malas membersihkannya secara rutin. Jadi, usahakan untuk menampilkan hanya beberapa benda di kamar Anda. Kalaupun ada, harus rajin dibersihkan minimal 2 hari sekali.

Bersihkan Kipas Angin atau AC

Tips selanjutnya untuk mencegah debu bersarang adalah membersihkan AC dan kipas angin. Ini sangat penting, terutama bagi Anda yang suka menyalakannya hampir 24 jam. Bilah kipas dan filter AC adalah tempat yang tepat untuk debu. Bayangkan jika Anda menyalakannya sepanjang waktu. Tanpa disadari, udara yang Anda hirup bercampur dengan debu dan kotoran! Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan kipas angin dan AC secara rutin. Setidaknya bersihkan kipas angin 1-2 minggu sekali dan AC sebulan sekali. Selain membuat udara tidak segar, AC dan kipas angin yang jarang dibersihkan juga mudah rusak dan tidak tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *