Kepolisian Jaksel Berhasil Amankan 3 Polisi "Palsu" Yang Berkeliaran

Kepolisian Jaksel Berhasil Amankan 3 Polisi “Palsu” Yang Berkeliaran

Berita Terbaru Kriminal Tiga orang polisi gadungan diamankan pihak kepolisian Resort Metro Jakarta Selatan, setelah terbukti melakukan pencurian dengan pemerasan terhadap belasan orang. Pria yang berinisial R, J dan OM menggunakan modus sebagai anggota kepolisian untuk memeras para korbannya.

Pihak Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, ketiga pelaku sudah beraksi belasan kali di sejumlah wilayah Jakarta dan Bekasi. Penangkapan berawal dari laporan salah satu korban pencurian.

“Kasus ini menarik, kejadian Pasal 365 yakni pencurian dengan kekerasan dan Pasal 368 yakni pemerasan yang dilakukan polisi gadungan, ada sebanyak tiga tersangka yang kita amankan,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Sartono, Sabtu, 12 September 2020.

 

Kepolisian Jaksel Berhasil Amankan 3 Polisi "Palsu" Yang Berkeliaran

 

Sebagaimana Budi menambahkan, diketahui jika satu di antara tiga pelaku merupakan residivis perkara yang sama. Total ada lima korban yang melapor di Mapolsek Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Cara kerja mereka bak polisi yang menghentikan kendaraan korbannya karena melanggar lalulintas.

“Kronologisnya, pada saat korban melintas di kawasan Pasar Minggu arah Ragunan tiba-tiba disetop oleh ketiga pelaku. Pelaku yang menggunakan minibus, menghentikan seseorang lima orang korban dan berdalih motor yang digunakan korban merupakan barang bukti suatu tindak pidana,” jelas Budi.

Kemudian, korban beserta barang buktinya dibawa oleh pelaku, dan juga mengambil telepon genggam milik korban untuk dilakukan pemeriksaan. Para korban lalu dibawa naik menggunakan mobil, dua pelaku membawa motor korban. Lalu, para korban diturunkan di Mapolsek Pasar Minggu.

“Setelah diturunkan di depan Mapolsek Pasar Minggu, kemudian korban mengecek ke anggota kita yang ada di Polsek Pasar Minggu ternyata tidak ada anggota kepolisian yang melakukan penangkapan tersebut,”Jelas Budi.

Para pelaku pun pada akhirnya berhasil ditangkap di wilayah Pondok Bambu, Jakarta Timur. Untuk di wilayah Jakarta Selatan, pelaku mengaku sudah beraksi sebanyak 11 kali, lalu pernah beraksi juga sebanyak sembilan kali di wilayah Jakarta Pusat dan Kota Bekasi. Atas perbuatannya pelaku dijerat Pasal 365 dan 368 dengan ancaman pidana penjara sembilan tahun penjara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *